Rapat Koordinasi Sinkronisasi dan Pemantauan Capaian Target Program MDGs Tahun 2011– 2015 Kabupaten Kotawaringin Barat

Diposkan oleh: pada 15 Sep 2014, dalam Kategori Berita Daerah, Bidang Pemkesra, Perencanaan

Sesuai Inpres Nomor 3 Tahun 2010 Tentang Program Pembangunan Yang Berkeadilan khususnya yang berkaitan dengan Percepatan Pencapaian Tujuan Millenium Development Goals (MDGs), Gubernur melalui Bappeda Provinsi Kalimantan Tengah telah berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah dalam penyusunan RAD MDGs.  Kabupaten Kotawaringin Barat sendiri telah memulai penyusunan RAD dan Matrik MDGs sejak tahun 2011.  Sebagai bentuk kelanjutan program MDGs di Kabupaten Kotawaringin Barat  dan tindak lanjut hasil kegiatan Sosialisasi Penyusunan, dan Pemantauan Rencana Aksi Daerah (RAD) MDGs Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya pada Juli 2014, Bappeda menyelengggarakan Rapat Koordinasi Sinkronisasi dan Pemantauan Capaian Target Program MDGs Tahun 2011– 2015 Kabupaten Kotawaringin Barat di Aula Bappeda Kotawaringin Barat dengan mengundang seluruh SKPD Teknis terkait dan semua POKJA MDGs Kabupaten Kotawaringin Barat.

Rapat Koordinasi Sinkronisasi dan Pemantauan Capaian Target Program MDGs Tahun 2011– 2015 Kabupaten Kotawaringin Barat ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kotawaringin Barat Masradin, dengan agenda rapat yaitu Sinkronisasi Matrik Aksi MDGs Kabupaten Kotawaringin Barat terhadap dokumen perencaan daerah (RPJMD, RKPD, dan Restra SKPD) dan capaian indikator variabel target MDGs Kabupaten Kotawaringin Barat pada masing – masing SKPD teknis.   Koordinasi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar target MDGs yang telah berhasil dicapai dan yang belum tercapai.

Dari pertemuan tersebut diketahui bahwa untuk matrik MDGs Kabupaten Kotawaringin Barat yang tersusun pada tahun 2011 masih perlu dilakukan penyempurnaan dan penyesuaian terhadap dokumen perencanaan pada masa pemerintahan Kepala Daerah 2012-2016, karena dokumen Matrik yang tersusun masih mengacu pada dokumen perencanaan yang lama dimana pada saat itu Kabupaten Kotawaringin Barat belum memiliki Kepala Daerah yang definitif.

Dengan rapat koordinasi ini diharapkan dapat segera terbentuk dokumen Matrik MDGs Kabupaten Kotawaringin Barat yang selanjutnya akan dilegalisasi dengan menerbitkan peraturan bupati ataupun Peraturan daerah tentang RAD MDGs.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah juga menyampaikan bahwa masing-masing Pokja MDGs dan SKPD pelaksana kegiatan agar melaksanakan evaluasi capaian program indikator target MDGs per semester, sehingga dapat diketahui progres pada masing-masing indikator dan mana yang harus dijadikan prioritas. (NUD)


Leave a Reply