Monitoring dan Evaluasi Program/Kegiatan SKPD yang Berada di Bawah Koordinasi Bidang Ekonomi Bappeda Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2014

Diposkan oleh: pada 31 Oct 2014, dalam Kategori Berita Daerah, Bidang Ekonomi, Perencanaan

Monitoring dan Evaluasi adalah salah satu fungsi manajemen yang diemban oleh Bappeda.   Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dimana Bappeda sebagai instansi perencana sekaligus pengendali pembangunan memiliki tupoksi untuk mengontrol program/kegiatan dari SKPD yang dilakukan pada tahun berjalan.     Fungsi ini dilakukan oleh masing-masing bidang yang ada di Bappeda, dengan tujuan dan sasaran yang berbeda, sebagai contoh Bidang Ekonomi melaksanakan fungsi ini untuk mengontrol kegiatan SKPD yang ada di bawah koordinasi Bidang Ekonomi, antara lain Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Kehutanan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM dan Pasar, Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum, Bagian Perekonomian dan SDA Sekretariat Daerah serta kegiatan khusus seperti Agropolitan. Contoh lainnya Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) melaksanakan fungsi ini untuk mengontrol kegiatan SKPD yang ada di bawah koordinasi Bidang Pemkesra seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, serta kegiatan khusus seperti PM2L.

IMG_3664

Pada Oktober 2014 lalu, Bidang Ekonomi melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap program/kegiatan SKPD yang berada di dalam lingkup koordinasinya.   Kegiatan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana program/kegiatan SKPD yang telah dianggarkan pada masing-masing Renja SKPD pada tahun berjalan terhadap pelaksanaannya di lapangan,  baik kegiatan yang bersifat fisik (bantuan/pengadaan), maupun pemberdayaan masyarakat.   Selain dilakukan terhadap kegiatan yang dianggarkan pada tahun berjalan, monitoring juga dapat dilakukan pada kegiatan yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.  Lokasi sasaran monitoring tahun anggaran 2014 meliputi beberapa kecamatan, dengan memilih empat (4) desa sebagai lokasi sampel.  Kegiatan monitoring bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait pelaksanaan kegiatan antara lain kesesuaian pelaksanaan kegiatan di lapangan dengan renja meliputi output, volume, lokasi, sasaran dan lain sebagainya.

IMG_3682

Kegiatan ini dimulai dari meminta keterangan kepada perangkat desa di setiap desa yang menerima kegiatan dari SKPD, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke lapangan untuk mengkroscek seacar langsung kesesuaian informasi dengan kondisi di lapangan.  Hasil monitoring akan menjadi bahan bagi evaluasi pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan, yakni seberapa besar aspek manfaatnya untuk masyarakat di desa, perlu atau tidak kegiatan SKPD tersebut untuk dilanjutkan. (ILN)


Leave a Reply